Penamaan Sistem Eksoplanet
Penamaan Sistem Eksoplanet
Apa nama yang cocok untuk pasangan bintang & planet di sistem HD 117618?


Tentang Name ExoWorld Indonesia



Kesempatan emas dibuka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam sayembara Name ExoWorlds. Sayembara ini bertujuan untuk memberi nama sistem planet yang berada di bintang lain.  Name ExoWorlds merupakan sayembara yang diselenggarakan oleh International Astronomical Union (IAU) untuk merayakan pencapaian astronomi dalam 100 tahun terakhir.  Sebelumnya, IAU telah mengadakan ajang serupa di tahun 2015 dan telah menamai 19 sistem eksoplanet.

Sampai saat ini telah ditemukan ribuan planet yang mengitari bintang lain. Planet-planet itu beraneka rupa, ada yang batuan sekelas Bumi, ada pula planet gas raksasa seperti Jupiter. Sebagian eksoplanet ditemukan sendirian mengelilingi bintang induknya, sebagian yang lain bersama-sama dengan beberapa planet lain.

Name Exoworlds Indonesia menantang masyarakat Indonesia untuk menamai eksoplanet HD 117618b dan bintang induknya dengan nama populer.


Sistem HD117618

Indonesia diamanahi oleh IAU untuk menamai bintang HD 117618 dan planet yang mengitarinya, yaitu HD 117618 b. HD, atau Henry Draper Catalogue, merupakan katalog bintang yang diambil dari nama Henry Draper, seorang dokter dan astronom amatir, yang berkontribusi banyak pada pengamatan astronomi di akhir tahun 1800-an. Katalog ini telah memuat ratusan ribu bintang. Angka yang dituliskan di belakang HD menunjukkan nomor urutan bintang dalam katalog tersebut.

Bintang HD 117618 dan planetnya terletak di rasi bintang Centaurus. Rasi ini terletak di belahan langit selatan sehingga kita yang tinggal di Indonesia dapat terus menyaksikannya di langit malam.

Bintang HD 117618 merupakan bintang yang mirip dengan Matahari dan berjarak 124 tahun cahaya dari Bumi. Artinya, cahaya dari bintang tersebut membutuhkan waktu 124 tahun untuk sampai ke Bumi. Saat ini baru ditemukan satu planet yang mengelilingi bintang HD 117618. Eksoplanet yang kemudian disebut HD 117618 b ini mengorbit bintangnya dari jarak 0,18 AU, lebih dekat daripada jarak Merkurius ke Matahari. Satu tahun di planet tersebut sama dengan 25,8 hari di Bumi. Eksoplanet HD 117618 b tergolong planet gas raksasa seperti Jupiter.

Eksoplanet HD 117618 b ditemukan pertama kali pada tahun 2004. Planet ini merupakan planet raksasa gas seperti Jupiter dan radiusnya sekitar 77% radius Jupiter. Massanya juga lebih kecil dibandingkan dengan massa Jupiter, yaitu hanya sekitar 17,4% massa Jupiter.

Untuk keperluan pengamatan, bintang HD 117618 bisa ditemukan di langit dengan koordinat: α: 13 jam 32 menit 25,55 detik dan δ: -47º 16′ 16,9″


Kriteria Sayembara

 

  1. Usia minimum pengusul adalah 9 tahun. Peserta di bawah 13 tahun wajib mengunggah/mengirimkan persetujuan Guru/Orang Tua/Wali. Surat dapat diunduh di: Persetujuan Sayembara Name ExoWorlds Indonesia.
  2. Usulkan dua nama, satu untuk bintang dan satu untuk planet.
  3. Pilih nama flora, fauna, benda, atau tempat yang memiliki makna budaya, sejarah, atau geografis yang sudah lama ada, dan layak diabadikan pada benda langit.
  4. Nama dari tema terkait langit maupun astronomi dari budaya setempat.
  5. Nama dari nama lokal konstelasi atau asterisma tempat sistem eksoplanet itu berada.
  6. Nama boleh dalam bahasa daerah atau bahasa asli setempat.
  7. Tidak boleh mengusulkan nama orang
  8. Dua nama tersebut harus mengikuti tema penamaan yang lazim.
  9. Pastikan jika ada planet lain ditemukan dalam sistem ini, tema yang sama masih bisa digunakan untuk menamai objek baru tersebut.
  10. Berikan alasan/latar belakang nama yang diusulkan dalam 100 kata.

Baca lebih lanjut tentang aturan memberi nama sistem ExoWorlds di laman Kriteria Penamaan Planet.


Tahapan Sayembara

Sayembara Name Exoworlds terdiri dari 4 tahap:

  • Tahap 1: Masyarakat mengusulkan nama yang diinginkan untuk bintang dan planet di sistem HD 117618
  • Tahap 2: Tim kurator Name ExoWorlds Indonesia melakukan proses kurasi nama yang masuk dan memilih finalis.
  • Tahap 3: Finalis yang terpilih akan dipilih oleh masyarakat lewat pemungutan suara secara online
  • Tahap 4: Tiga nama yang paling banyak dipilih masyarakat akan diajukan ke IAU sebagai kandidat nama bintang dan planet


Tanggal Penting

 

  • 7 Sep – 7 Okt: Tahap untuk mengusulkan nama
  • 8 – 27 Oktober: Tahap Seleksi Nama oleh Kurator
  • 28 Oktober – 12 November: Tahap Pemungutan Suara
  • 15 Nov : 3 Nama Kandidat sistem HD 117618 dikirim ke IAU

Nama-nama yang diusulkan oleh peserta akan dikurasi oleh komite Name ExoWorlds Indonesia dan nama yang terpilih akan diajukan ke IAU.